Senin, 09 Februari 2015

Glenn Fredly: Lagu Daerah Bisa Jadi Kekuatan Bangsa Indonesia


Kapanlagi.com - Tak semua penyanyi Indonesia memiliki keberanian merilis sebuah album berisikan lagu-lagu budaya. Salah satunya dilakukan oleh Trio Lestari yang berisi tiga penyanyi solo bersuara merdu milik Indonesia yakni Tompi, Sandhy Sondoro dan Glenn Fredly.
"Ketika proyek SYMPHONIC TALES OF INDONESIA ini berjalan, memang jadi proyek penting dari musisi yang punya perspektif jauh ke depan. Menurut saya, Tjut Nyak Deviana Daudsjah yang memproduksi album ini membawa perspektif baru. Di mana dia punya pengalaman beberapa tahun di luar negeri lalu mengangkat lagu daerah sebagai identitas baru," papar Glenn.
Bagi Glenn yang ditemui di Grand Indonesia beberapa hari silam mengakui jika arus globalisasi memang membuat setiap orang harus ingat akan identitas asli. Termasuk kepribadian bangsa Indonesia yang semakin lama tergerus modernitas harus ingatkan kembali.

Lebih lanjut, mantan suami Dewi Sandra ini mengakui jika dengan melindungi budaya yang dipunya dan ditampilkan baru dalam suguhan modern dan berkelas seperti musik daerah berasa orkestra, maka menjadi sebuah usaha yang istimewa. Dirinya pun berharap albumnya ini bisa jadi inspirasi untuk pemerintahan yang baru.

"Soft power sekarang itu penting banget. Di era abad ke-21, diplomasi budaya hal yang penting juga. Apalagi Indonesia masih sangat tergantung dengan sumber daya alam yang masih banyak persoalannya. Saat ini identitas dan kekayaan alam memang jadi sumber kekuatan bangsa," papar Glenn.

Kendati menyanyikan lagu daerah, Glenn malah menilainya sebagai hal yang keren karena hanya Indonesia yang memiliki lagu daerah begitu beragam. Dengan 'olahan' lagu daerah yang baru, maka akan menjadi sebuah terobosan modern tanpa kehilangan makna daerah dalam setiap lagu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar